Grafik Penerima Beasiswa di Universitas Bangka Belitung

Beasiswa di Universitas Bangka Belitung berasal dari berbagai macam sumber baik itu dari instansi pemerintahan maupun dari instansi swasta.

Berikut sumber beasiswa yang ada di Universitas Bangka Belitung dari tahun 2022

KIP-K​

KIP-Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi. Jumlah penerima KIPK di Universitas Bangka Belitung pada tahun 2022 adalah sebanyak 1.351 dan pada tahun 2023 menerima sebanyak 1.443.

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Bantuan Pendidikan dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terdiri dari 3 skema yakni :

  1. Skema Kerjasama
  2. Skema Bansos
  3. BPA (Prestasi Akademik)

Bantuan Pendidikan dari Provinsi kepulauan Bangka Belitung pada tahun 2022 di Universitas Bangka Belitung sebanyak 106 dan pada tahun 2023 ini sebanyak 145 Mahasiswa

Silent-PolL (Beasiswa UBB)

Bantuan Pendidikan yang diatur dan dikelola dengan sumber  pendanaan Universitas Bangka Belitung ini disebut UBB Student Scholarship for Excellent and Potential Leader (UBB Silent-PolL). Bantuan ini ditujukan kepada mahasiswa yang memiliki potensi kepemimpinan yang ditandai dengan aktivitas mahasiswa dalam kepengurusan  dan anggota organisasi kemahasiswaan dan juga prestasi mahasiswa dalam bidang akademik maupun  non akademik.

Bantuan Pendidikan ini setiap tahun diberikan sebanyak 75 mahasiswa

Bank Indonesia

Bantuan Pendidikan dari Bank Indonesia dengan berpegang pada perjanjian kerjasama dengan Universitas Bangka Belitung Mengakomodir 50 Mahasiswa setiap Tahunnya

Pemerintah Kabupaten Belitung Timur

Bantuan Pendidikan dari Kabupaten Belitung timur yang dilakukan secara mandiri mengakomodir 20 Mahasiswa pada tahun ajar 2023 ini.

Suncable

Bantuan Pendidikan dari PT. Sun Cable Indonesia yang telah menandatangani MoU pada tanggal 11 Agustus 2023 yang lalu, Memberikan bantuan sebanyak 12 Mahasiswa.

Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU)

Bantuan Pendidikan ini merupakan program strategis Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berupa pemberian bantuan peningkatan mutu pendidikan bagi mahasiswa dari keluarga tidak mampu yang berasal dari DKI Jakarta.

Yayasan Salim

Beasiswa Yayasan Salim ini diberikan kepada mahasiswa yang berasal dari tidak mampu, sehingga tujuan diberikannya program beasiswa ini dapat tercapai yaitu memberikan bantuan biaya pendidikan bagi Mahasiswa yang memerlukan.

Djarum Beasiswa Plus

Beasiswa yang berasal dari djarum foundation

Vivian Gordon

Bantuan Pendidikan ini Sebagai bentuk apresiasi atas jasa dan pengorbanan Vivian Gordon Bowden yang merupakan Perwakilan Resmi Australia di Singapura yang wafat di Muntok, Pulau Bangka pada 17 Februari 1942, Pemerintah Australia melalui Kedutaan Besar Australia di Jakarta membuka peluang beasiswa bagi mahasiswa terkhusus pada Universitas Bangka Belitung (UBB)

Beasiswa Pancakarsa Kab. Bogor

Program beasiswa dari Pemerintah Kab. Bogor untuk pemuda Kab. baik yang baru akan mulai maupun yang sedang menempuh studi S1.

Bantuan Riset Talenta Riset dan Inovasi (BRIN)

Program BARISTA merupakan pemberian bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan riset kepada mahasiswa aktif tingkat akhir jenjang Diploma 4 dan Strata (S1, S2, S3) untuk menyelesaikan tugas akhir yang berbasis kerjasama riset di unit kerja lingkungan BRIN.

Pelindo

Bantuan Pendidikan dari PT. Pelindo Regional 2 PangkalBalam berdasarkan perjanjian kerjasama